Pengaruh Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SMK IT Al-Kasyaf Kabupaten Sukabumi)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SMK IT Al-Kasyaf Kabupaten Sukabumi)

XML JSON

Syarah Nurul Aulia, NIM : 171T15055, Judul “Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMK IT AL Kasyaf “ (Penelitian di SMK IT AL Kasyaf Kabupaten Sukabumi).
Skripsi ini meneliti tentang Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK IT AL Kasyaf, menurut hemat penulis, seringkali guru dalam mengajar menggunakan metode ceramah dan siswa sebagai pendengar tanpa adanya aktifitas, menjadi sering mengantuk, pasif, kurang efektif dan efisien sehingga terkesan monoton, hal ini yang latar belakang penelitian.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK IT AL Kasyaf.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMK Al Kasyaf yaitu sebanyak 45 orang, dengan melibatkan sampel seluruh peserta didik sebanyak 41 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan dianalisis dengan regresi linier sederhana yang dilanjutkan dengan uji t untuk membuktikan hipotesis.
Dari hasil pengujian, diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y = ɑ 8,386 + 0,746 bX. Sehingga diketahui bahwa nilai koefisien regresi variabel metode diskusi sebesar 0,746 menunjukkan nilai yang positif, selain itu didukung dengan hasil Uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 3,248 > ttabel sebesar 2,023 pada taraf signifikasi 0,05 (5%). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode diskusi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK IT AL Kasyaf.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SYARAH NURUL AULIA - Personal Name
Student ID
17.1.T1.5055
Dosen Pembimbing
Dr. Jasmansyah, M.Pd. - 8890070018 - Dosen Pembimbing 1
Gilang Syahril Akbar, S.IP., M.Si. - 2108038906 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
86208
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Program Sarjana - Institut KH. Ahmad Sanusi Sukabumi : STAI Syamsul 'Ulum.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
STAI Syamsul 'Ulum
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...
untuk mendapatkan full text karya ilmiah isi formulir (link ini) dan kirim ke email: aresti@staisyamsululum.ac.id

Contact Chat Whatsapp ke +62 822-9899-4010



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail