Peran Pesantren Kaligrafi al-Qur'an Lemka dalam Mencetak Kaligrafer-Kaligrafer Sukses (Penelitian dI Pesantren Kaligrafi Al-Qur'an (LEMKA) Sukabumi)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Pesantren Kaligrafi al-Qur'an Lemka dalam Mencetak Kaligrafer-Kaligrafer Sukses (Penelitian dI Pesantren Kaligrafi Al-Qur'an (LEMKA) Sukabumi)

XML JSON

APRIYANI. Peran Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka Dalam Mencetak
Kaligrafer-Kaligrafer Sukses
Kaligrafi adalah seni menulis indah. Belajar kaligrafi tidak harus memiliki
bakat, jika rajin dan istiqomah mempelajarinya maka akan menjadi kaligrafer
sukses. Karena kesuksesan bukanlah dihitung dari seberapa banyak jumlah harta
yang berlimpah, melainkan sebuah keberhasilan yang telah diusahakan dengan
kerja keras tanpa mengenal lelah. Di balik kesuksesan para kaligrafer pun ada usaha
keras dengan rajin menggores/melukis, memahami karya para master kaligrafi dan
mempraktekkannya. Kaligrafi tidak hanya untuk dijadikan sebagai profesi saja
namun dengan belajar kaligrafi dan menulis ayat-ayat al-qur’an para kaligrafer bisa
berdakwah (dakwah bil qalam), bisa menyampaikan makna dan isi kandungan al-
qur’an melalui tulisan-tulisannya, mempelajari kaligrafi juga bisa menghindarkan
dari kesalahan dalam penulisan. Kaligrafi tidak hanya indah namun juga dapat
memudahkan orang lain untuk membacanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pesantren
kaligrafi al-qur’an Lemka dan pembelajaran kaligrafi di pesantren kaligrafi al-quran
lemka sehingga dapat mengahasilkan para kaligrafer sukses serta problematika
yang dialami dan bagaimana solusi untuk mengatasi problematika tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis
dengan cara berfikir induktif, teknik keabsahan data, analisis data, triangulasi dan
penarikan kesimpulan karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk
menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang situasi di lapangan terkait
peran pesantren dan pembelajaran yang dilaksanakan.
Berdasarkan penelitian yang dikaji menghasilkan: 1) pembelajaran kaligrafi
menggunakan prinsip membina dari alif yaitu memberi materi dari yang paling
dasar sampai pada pengembangannya yang sempurna, menerapkan cara belajar
sistem novelty atau rekreatif, demonstrative dan gaya guru keseluruhan. 2)
pesantren kaligrafi al-qur’an lemka berperan menjadi wadah atau tempat
pembelajaran dan perkembangan kaligrafi khususnya kaligrafi islam, serta berperan
aktif mengenalkan para santri, guru maupun alumni pada kegiatan-kegiatan
kaligrafi di Indonesia maupun di internasional. 3) problematika dan solusi yang
dihadapi yaitu tidak seluruh masyarakat pelajar mau belajar kaligrafi dengan itu
pesantren mengadakan pembagian-pembagian minat yang terus menerus mengajak
masyarakat belajar kaligrafi dan mengenalkan pentingnya belajar kaligrafi itu, dan
rasa malas dan jenuh yang dialami santri dengan begitu peran seorang guru
sangatlah dibutuhkan untuk memberikan motivasi dan metode pembelajaran yang
menyenangkan dan mudah untuk dipahami.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Apriyani - Personal Name
Student ID
17.1.T1.5029
Dosen Pembimbing
Dr. H. Ade Saepudin, S.H., M.H., M.B.A. - 8978800020 - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Ridwan Fauzi, S.Hum., M.Pd. - 2117058803 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. H. Ade Saepudin, S.H., M.H., M.B.A. - 8978800020 - Penguji 1
Dr(cand). Mustiali, M.M.Pd - 2101017807 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
86208
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Program Sarjana - Institut KH. Ahmad Sanusi Sukabumi : STAI Syamsul 'Ulum.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
STAI Syamsul 'Ulum
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...
untuk mendapatkan full text karya ilmiah isi formulir (link ini) dan kirim ke email: aresti@staisyamsululum.ac.id

Contact Chat Whatsapp ke +62 822-9899-4010



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail