PENGARUH PEMBIASAAN IBADAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Penelitian di Kelas VII MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PEMBIASAAN IBADAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Penelitian di Kelas VII MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi)

XML JSON

NISA NUR’AENI : Pengaruh Pembiasaan Ibadah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Penelitian di Kelas VII MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi).

Pembiasaan ibadah yang rutin dilakukan oleh peserta didik MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran dimulai merupakan salah satu wujud dalam membentuk karakter peserta didik sesuai dengan norma dan agama. Meskipun pembiasaan ini sudah rutin dilakukan, masih ada beberapa peserta didik kelas VII yang tingkat kedisiplinannya kurang maksimal seperti telat masuk kelas, cara berpakaian tidak sesuai aturan dan lain sebagainya.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan ibadah peserta didik kelas VII di MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi, (2) untuk mengetahui gambaran karakter peserta didik kelas VII di MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi, (3) untuk mengetahui pengaruh pembiasaan ibadah terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi.
Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu melakukan pembiasaan ibadah pada peserta didik kelas VII di MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi yang meliputi membaca Asmaul Husna, tadarus Juz ‘Amma dan shalat dhuha untuk membentuk karakter peserta didik kelas VII yang religius, jujur, disiplin, gemar membaca dan tanggung jawab.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi yaitu sebanyak 205 orang, dengan melibatkan sampel sebanyak 131 orang menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penyebaran kuesioner dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi linear sederhana dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembiasaan ibadah peserta didik kelas VII di MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi termasuk dalam kategori “cukup baik” dengan diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 52,15 yang terletak pada interval 48 – 55, (2) gambaran karakter peserta didik kelas VII di MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi termasuk dalam kategori “cukup baik” dengan diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 67,37 yang terletak pada interval 62 – 71, (3) pembiasaan ibadah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di MTs Sunanul Huda Cikaroya Kabupaten Sukabumi dengan diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,831 dan nilai thitung > ttabel (11,644 > 1,97824) dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Pembiasaan Ibadah, Pembentukan Karakter Peserta Didik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nisa Nur'aeni - Personal Name
Student ID
18.T1.5161
Dosen Pembimbing
Dr. H. A. Suganda, M.Ag. - - Dosen Pembimbing 1
Gilang Syahril Akbar, S.IP., M.Si. - 2108038906 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
86208
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Program Sarjana - Institut KH. Ahmad Sanusi Sukabumi : STAI Syamsul 'Ulum.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
STAI Syamsul 'Ulum
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...
untuk mendapatkan full text karya ilmiah isi formulir (link ini) dan kirim ke email: aresti@staisyamsululum.ac.id

Contact Chat Whatsapp ke +62 822-9899-4010



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail