Skripsi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL ISLAM KOTA SUKABUMI
XML JSONSiti Rasyidah. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL ISLAM KOTA SUKABUMI. Skripsi. STAI Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi, 2022.
Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari, yang dikaitkan dengan pengetahuan yang telah atau akan dipelajarinya. Melalui model pembelajaran ini, peserta didik dituntut untuk mengembangkan kemampuan sosial yang memungkinkan mereka belajar secara kreatif dalam memecahkan masalah. Meskipun demikian, diperlukan kajian empiris lebih lanjut guna melihat sejauh mana penerapan model problem based learning learning ini dapat memberikan dampak terhadap kreativitas belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penerapan model problem based learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Nurul Islam, 2) mengetahui kreativitas belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Islam, dan 3) mengetahui pengaruh dari penerapan model problem based learning terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Islam Kota Sukabumi.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII sebanyak 35 orang yang seluruhnya merupakan jumlah dari populasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model problem based learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Nurul Islam tergolong dalam kategori cukup baik dengan perolehan nilai rata-rata (mean) sebesar 53,02 yang berada pada interval 49 – 55, (2) kreativitas belajar peserta didik kelas VII di MTs Nurul Islam tergolong dalam kategori cukup baik dengan perolehan nilai rata-rata (mean) sebesar 51,4 yang berada pada interval 47 – 54, (3) hasil analisis regresi diperoleh bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,467, nilai tersebut menunjukkan nilai positif. Selain itu, didukung oleh nilai thitung > ttabel (2,788 > 2,030) dengan nilai sig. 0,009 < 0,05. Dengan demikian, penerapan model problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas VII di MTs Nurul Islam Kota Sukabumi.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kreativitas Belajar Peserta Didik.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Siti Rasyidah - Personal Name
|
Student ID |
19.1.T1.5337 / 014.14.2059.19
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Encep Taufik Rahman, M.Ag. - 2001077901 - Dosen Pembimbing 1
Ilyas Hibatullah Abdul Quddus, S.H.I., S.IP., M.Si., M.H. - 0426058102 - Dosen Pembimbing 1 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Program Sarjana (S1)
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Program Sarjana - Institut KH. Ahmad Sanusi Sukabumi : STAI Syamsul 'Ulum., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
STAI Syamsul 'Ulum
|
Doi |
Lampiran Berkas
untuk mendapatkan full text karya ilmiah isi formulir (link ini) dan kirim ke email: aresti@staisyamsululum.ac.id
Contact Chat Whatsapp ke +62 822-9899-4010