PENERAPAN METODE SOROGAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN (Penelitian di Pondok Pesantren Syamsul’Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN METODE SOROGAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN (Penelitian di Pondok Pesantren Syamsul’Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)

XML JSON

Edi Mulyadi .No.Pokok/NIRM : 17.1.T1.5031 / 014.14.2914.17 2021
Penerapan Metode Sorogan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren ( Penelitian Di Pondok Pesantren Syamsul’Ulum Gunungpuyuh Sukabumi )
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Syamsul’Ulum Gunungpuyuh Sukabumi. Metode sorogan merupakan metode tradisional yang diterapkan di Pondok Pesantren Syamsul ’Ulum Gunungpuyuh sukabumi untuk membantu santri dalam membaca dan memahami kitab kuning.
Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metodologi kualitatif deskriptif. Penelitian ini bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya : perilaku, persepsi,tindakan secara menyeluruh, dan mendeskripsikan dengan bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Untuk
memperoleh data yang kongkrit dalam penelitian di lapangan, maka digunakan penelitian studi kasus, untuk menjelaskan dan menguraikan komprehensif
mengenai berbagai aspek seorang individu, suatu kelompok, suatu organisasi (komunitas), suatu program dan situasi sosial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan metode sorogan ini berjalan dengan baik, santri aktif dalam mempelajari dan memahami kitab kuning karena kegiatan belajar mengajar secara individual dapat meningkatkan keaktifan santri dalam membahas masalah dan memecahkannya, dengan penerapan metode sorogan ini akan menimbulkan proses pembelajaran yang beragam.
Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan para ustadz dalam menentukan metode dalam pembelajaran kitab kuning khususnya di Pondok Pesantren, dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca pada umumnya.
Kata kunci : Metode sorogan, kitab kuning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EDI MULYADI - Personal Name
Student ID
17.1.T1.5031
Dosen Pembimbing
Dr(cand). H. Munandi Saleh, M.Si - 2107046601 - Dosen Pembimbing 1
Yulan Tiarni Legistia, S.Pd.I, M.Pd - 2106079303 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
86208
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Program Sarjana - Institut KH. Ahmad Sanusi Sukabumi : STAI Syamsul 'Ulum.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
17.1.T1.5031
Copyright
STAI Syamsul 'Ulum
Doi
-

Lampiran Berkas

LOADING LIST...
untuk mendapatkan full text karya ilmiah isi formulir (link ini) dan kirim ke email: aresti@staisyamsululum.ac.id

Contact Chat Whatsapp ke +62 822-9899-4010



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail